Sabtu, 01 September 2012

Mengunduh Video Online

Banyak orang yang suka untuk menonton video online yang tersedia di berbagai macam situs seperti youtube, dailymotion, facebook, dll. Tapi bagi yang koneksi internetnya masih lambat alias fakir bandwith tentunya kenikmatan untuk menonton jadi berkurang. Sejatinya, dalam menonton video online itu, berkas videonya diunduh dulu dari server kemudian disimpan dalam komputer lokal dan kemudian baru dimainkan. Untuk yang nonton secara streaming, saya kira juga begitu namun tidak secara utuh diunduh namun ketika beberapa potongan saja yg diunduh sudah bisa dimainkan.

Jadi yang tergolong fakir bandwith bisa mengunduhnya dulu secara utuh untuk kemudian dinikmati dengan nyaman walaupun harus sedikit bersabar dulu :) Sebenarnya sudah banyak program atau bahkan situs online yang menyediakan fitur untuk mengunduh video online . Silahkan tanya mbah Google, program dan situs apa saja yang bisa digunakan untuk mengunduh video online. Tapi kemarin tidak seperti biasanya, Keepvid yang biasanya saya gunakan ternyata sedikit bermasalah pada saat loading applet. Jadi, setelah "blusukan" dengan mbah Google ketemu program CLI yang bisa digunakan untuk mengunduh salah satunya adalah youtube-dl. Program ini menurut manualnya mendukung beberapa situs seperti : CollegeHumor, Comedy Central, Dailymotion, Facebook, Metacafe, MyVideo, Photobucket, The Escapist, Vimeo, Yahoo!, YouTube, blip.tv, depositfiles.com, video.google.com, xvideos, Soundcloud, InfoQ, Mixcloud, OpenClassRoom. Untuk pengguna Linux sebenarnya Wget sudah mampu untuk download video dari YouTube tapi cukup ribet dengan menggunakan beberapa perintah seperti yang tercantum di sini atau di sini.

Untuk menggunakannya, bagi pengguna Ubuntu bisa melakukan instalasi dulu dengan perintah :
$ sudo apt-get install youtube-dl
Untuk Linux distribusi lainnya mungkin disediakan di repository masing-masing. Atau bisa langsung menuju situsnya langsung. Kemudian untuk menggunakannya bisa menggunakan perintah :
$ youtube-dl -t URL
Ganti URL dengan alamat video yang ingin diunduh. Selain mengunduh satu persatu, bisa juga dilakukan dengan mengunduh secara batch melalui berkas teks. Misalnya sebuah berkas teks 'file' berisikan beberapa alamat video.
http://url1
http://url2
http://url3
Perintah yang digunakan untuk mengunduh video-video tersebut adalah
$ youtube-dl -t -a file
Untuk penggunaan cara lainnya silahkan baca manual page dengan mengetikkan di terminal
$ man youtube-dl
Atau lihat di situs ubuntu. Selamat mengunduh dan menonton videonya! :D
Tambahan (12 Sep 2012) : ternyata bisa melanjutkan lagi proses unduhan yang terpaksa dijeda ataupun yang berhenti karena galat (error) :D

0 comments: