Selasa, 02 April 2013

Bermain lagi dengan Conky

Dulu sudah pernah menulis tentang Conky sebagai widget monitoring yang dapat menghiasi layar desktop kita. Kali ini bermain dengan berbagai macam konfigurasi-konfigurasi keren yang sudah ada di internet. Ada banyak tema Conky yang bisa digunakan dan menawarkan keindahan pada sebuah desktop. Bisa dilihat di sini dan di sini. Sebenarnya sudah lama tidak menggunakan Conky, tapi kali ini sedang tertarik dengan Lua Conky.

Seperti yang sudah diceritakan pada posting sebelumnya, instalasi Conky cukup mudah dan apabila tidak mau ribet bisa copas-copas file .conkyrc dari tema yang sudah ada dan.... voila jadi deh :) Tapi akan jadi kurang seru kalau hanya copas saja. Pada Lua Conky sudah ada beberapa informasi tentang tanggal dan waktu, cuaca, informasi sistem (cpu, memory, disk, dan sambungan internet). Selain informasi tersebut, banyak segudang informasi yang bisa ditampilkan oleh Conky yang bisa dilihat pada manualnya.




Sayang, informasi tentang suhu cpu dan kecepatan kipas tidak ditampilkan secara default, sehingga perlu sedikit utak-atik. Untuk menambahkan info suhu cpu, sudah ada variabel bawaan Conky, yaitu 'acpitemp' yang menampilkannya dalam skala Celsius. Sehingga untuk informasi temperatur CPU bisa dengan mudah ditambahkan. Tetapi untuk menampilkan kecepatan kipas, perlu sedikit trik, yaitu penggunaan variabel 'exec' dengan arg (argument) yang disesuaikan perintahnya. Di terminal kita bisa menampilkan informasi temperatur cpu dan yang berkaitan dengannya menggunakan perintah 'sensors' yang termasuk dalam paket 'lm-sensors'. Jadi kalau belum dipasang, ya dipasang dulu dengan perintah
sudo apt-get install lm-sensors
Setelah itu bisa mencoba perintah 'sensors' dan mencari tahu info apa saja yang bisa diperoleh. Untuk keperluan konfigurasi Conky, saya memerlukan info 'fan1' yang menampilkan nilai RPM kipas. Untuk itu perlu menggunakan perintah tambahan
sensors | grep fan1 | awk '{print $2}'
Perintah 'awk' digunakan untuk memotong keluaran hanya berupa nilai angkanya saja. Disarankan untuk memotong keluaran perintah 'sensors | grep fan1' dengan perintah 'awk' agar circle gauge yang akan digambar bisa mengambil nilainya. Saya sudah mencoba menggunakan 'cut' tetapi sepertinya Lua tidak menerimanya dengan baik. File konfigurasinya bisa diunduh di sini.

0 comments: