Minggu, 17 Februari 2013

Menggunakan OpenFOAM

Dalam tulisan sebelumnya telah disampaikan caranya untuk memasang (install) OpenFOAM di komputer bersistem Ubuntu Linux baik menggunakan paket .deb atau pun langsung dari source code. Untuk bisa menggunakannya dengan baik, kita perlu tahu tentang OpenFOAM dan cara kerjanya. Seperti hadits yang artinya Ilmu sebelum perkataan dan perbuatan. Sedikit informasi tentang apa itu OpenFOAM bisa dilihat di tulisan sebelumnya.


OpenFOAM merupakan C++ library yang digunakan untuk membuat aplikasi simulasi. Aplikasi dalam OpenFOAM terbagi menjadi 2, yaitu Utilities dan Solvers. Utilities ada 2 kategori juga, yaitu pre-processing dan post-processing. 
Struktur OpenFOAMStruktur OpenFOAM
Pre-processing adalah utilities yang menangani semua persiapan sebelum dilakukan komputasi. Tools yang ada mencakup untuk pembuatan Meshing dan juga pengaturan lingkungan fisika yang terkait dengan komputasi. Nah ada istilah baru yang disebut dengan Meshing, apa itu? Meshing secara sederhana adalah struktur yang ingin diuji terhadap komputasi tertentu. Sebenarnya Mesh adalah titik-titik yang kita tentukan untuk melakukan penghitungan sesuai dengan governing equation atau sistem persamaan fluida atau perpindahan panas. Cara untuk menyelesaikan sebuah persamaan itu bisa saja menggunakan metode numerik atau diskrit selain menggunakan analitik. Nah untuk bisa menemukan solusi sebuah sistem fisika menggunakan metode numerik atau persamaan diskrit memerlukan titik-titik di daerah penghitungan (domain analisa).
domain analisa dan mesh-nyaDomain Analisa dan Mesh-nya
Setelah variabel lingkungan dan Mesh dibuat, bisa dilanjutkan dengan menggunakan solver yang sudah tersedia atau menggunakan solver yang dibuat sendiri. Kemudian hasil dari analisa perhitungannya bisa dilihat menggunakan program bawaan OpenFOAM, yaitu Paraview atau menggunakan program lain yang sejenis. Melihat hasil perhitungan dari solver ini disebut tahap post-processing. Tampilan untuk post-processing menggunakan paraview bisa dilihat di gambar berikut.

Silahkan coba sendiri untuk melanjutkan utak-atik OpenFOAM sampai tulisan selanjutnya :D

Sumber :
1. http://www.openfoam.org/docs/user/userch1.php
2. http://www.cfd-online.com/Wiki/Meshing

0 comments: