Minggu, 09 September 2012

Pemanfaatan Sumber-sumber Energi

Dari posting sebelumnya telah dituliskan bahwa energi sangat berkaitan erat dengan kebutuhan pokok manusia : sandang, pangan, papan. Energi merupakan kebutuhan pokok yang tampil melalui pangan, sandang dan papan. Selain melalui tiga hal itu, sekarang ini manusia sudah menyadari bahwa kebutuhan energi secara langsung mutlak diperlukan. Mengapa begitu? Mengingat peradaban manusia yang semakin maju dan mewujudkan banyak mesin yang mempermudah kehidupan manusia, tentunya semakin banyak dibutuhkan pemenuhan energi secara langsung untuk menghidupi mesin-mesin tersebut.

Sejak jaman dahulu, sudah sangat panjang sejarah manusia mencoba memanfaatkan energi langsung untuk pemenuhan kebutuhan mereka melalui sumber-sumber energi yang ada disekitarnya. Misalnya sumber energi biomass berupa kayu dan daun kering yang dibakar langsung baik untuk memasak ataupun untuk menghangatkan badan. Atau memanfaatkan angin untuk berlayar dan menggiling biji-bijian. Sampai saat ini banyak sekali sumber-sumber energi yang sudah teridentifikasi atau kita kenali seperti :
  1. Aliran (Angin, Air dan Laut)
  2. Matahari
  3. Biomass (daun, kayu, tumbuhan yang kering)
  4. Minyak, Gas Bumi dan Batu Bara
  5. Panas Bumi
  6. Reaksi Fisika (Nuklir)
  7. Reaksi Kimia (Baterai)
Sumber-sumber energi nomer 1, 2 dan 3 merupakan sumber energi yang bisa kita manfaatkan langsung untuk keperluan kita sehari-hari. Karena ketersediaan sumber-sumber tersebut bisa diadakan dengan mudah, bisa dikatakan sebagai sumber energi yang terbarukan. Panas bumi juga termasuk sumber energi terbarukan karena mudah tersedia selama Bumi masih ada. Sedangkan untuk nomer 4, 5, 6, dan 7 perlu ada tindakan lebih lanjut untuk penyediaannya.

Pemanfaatan sumber-sumber energi ini biasa disebut sebagai konversi energi. Ya, karena mengubah bentuk energi awal menjadi bentuk energi yang kita butuhkan. Konversi energi yang sudah ada ya seperti contoh di atas yaitu, pemanfaatan angin untuk menggerakkan kapal, atau menggerakkan mesin penggilingan. Nah, untuk melakukan konversi energi tersebut, kita memerlukan yang namanya Teknologi Konversi Energi. Teknologi ini sekarang sudah sangat bervariasi sekarang ini menyesuaikan dengan sumber energi yang akan diubah. Ada yang begitu sederhana ada yang menggunakan teknologi nano.

0 comments: