Rabu, 04 Januari 2012

Apa itu Open FOAM?

Saya kira banyak yang tidak tahu atau malah belum pernah mendengar yang namanya OpenFOAM. OpenFOAM adalah nama sebuah program yang digunakan untuk keperluan CFD. Sek..sek... ada kata baru CFD, apaan ini? CFD merupakan kepanjangan dari Computational Fluid Dynamic, yaitu sebuah program yang digunakan untuk melakukan perhitungan / komputasi dan simulasi yang berkaitan dengan dinamika fluida. Nah sampai sini saya kira mereka yang pernah belajar fisika agak sedikit mengerti apa yang dimaksud dengan OpenFOAM.

Ooh CFD... Berarti sama dengan program yang namanya Ansys dan Fluent? Iya, OpenFOAM merupakan program sejenis dengan kedua program tersebut di awal yang banyak digunakan saat ini untuk keperluan komputasi dan simulasi dinamika fluida. Ah kalopun sama, buat apa perlu tahu OpenFOAM? Eits, tunggu dulu... Ada beberapa hal yang bisa disebut sebagai kelebihan yang membuat kita merasa perlu untuk mengenal OpenFOAM, yaitu :
1. Program yang gratis, tidak perlu mengeluarkan duit kecuali sewa internet buat download
2. OpenFOAM, merupakan open source sehingga kita bisa berkontribusi dalam pengembangannya
3. Berjalan di OS yang juga gratis, yaitu di Linux
4. Sudah compatible dengan CUDA, platform komputasi paralel dan pemrograman yang dikembangkan oleh NVidia salah satu produsen kartu grafis.
Nah sudah sedikit tahu kan tentang OpenFOAM. Saat ini OpenFOAM sudah sampai pada versi 2.1.0. Untuk mengetahui lebih banyak tentang istilah-istilah di atas bisa dilihat di link-link berikut.
Ansys / Fluent : http://www.ansys.com/
CUDA : http://www.nvidia.com/object/cuda_home_new.html
OpenFOAM : http://www.openfoam.com/

0 comments: