Jumat, 08 Februari 2013

Instal LibreOffice 4.0 di Ubuntu 12.10

LibreOffice 4.0 baru saja dirilis, yaitu tanggal 7 Pebruari kemarin. Versi ini digadang-gadang merupakan aplikasi open source yang diidam-idamkan oleh komunitas pengguna linux. Ini disebabkan adanya fitur-fitur yang memang diidam-idamkan bagi mereka yang tidak ingin menggunakan aplikasi Office keluaran Microsoft. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah compatibility dengan Microsoft Office yang lebih baik. Bahkan versi ini bisa menangani file Visio maupun Publisher. Untuk lebih detilnya silahkan melihat fitur-fitur yang disediakan di sini.

Semoga dengan rilisnya LibreOffice 4.0 ini bisa memerdekakan kita dari kebiasaan menggunakan software bajakan. Penggunaan aplikasi open source dan gratis adalah salah satu jalan untuk mendapatkan rizqi yang baik dan berkah berlimpah. Tapi sayang bagi pengguna desktop manager Unity (Ubuntu) harus sedikit bersabar karena integrasinya tidak bisa berjalan dengan baik. Tapi ada yang bilang integrasinya cukup baik dengan Cinnamon, desktop manager yang ada di Linux Mint. Untuk instalasinya bisa dilihat di bawah.

Cara Instalasi :
1. Unduh filenya di http://www.libreoffice.org/ .
Begitu klik "Download LibreOffice Now!", akan disuguhi 3 file yang siap diunduh. Atau dengan menggunakan wget silahkan gunakan file berikut (LO4) untuk yang menginginkan LibreOffice dalam bahasa Indonesia.
$ wget -i LO4
atau jika sempat terputus dilanjutkan dengan
$ wget -c -i LO4
2. Persiapan Install
Setelah mendapatkan ketiganya, pindahkan semuanya ke folder /tmp
3. Instalasi
Untuk memudahkan, saya mencoba untuk membuat bash script instalasi LibreOffice 4.0 yang bisa diunduh di sini. Kemudian dengan menggunakan terminal :
$ sh install_LO4.sh

0 comments: