Sabtu, 11 Agustus 2012

Energi di Bumi

Alam semesta merupakan sebuah sistem yang sangat besar dan didukung oleh sub-sub sistem penyusunnya seperti benda-benda angkasa luar dan seisinya. Semisalkan tata surya dimana bumi ini berada, merupakan sebuah sistem yang terdiri dari matahari sebagai sumber gravitasi yang menjaga agar tiap-tiap planet penyusun mulai dari merkurius sampe pluto (yang ini sudah tidak dianggap lagi sebagai planet), planet, asteroid, dan benda-benda langit lainnya. Bagaimana semua itu berjalan dan tidak semrawut? Ada sesuatu yang menjaga dan memelihara aktivitas yang ada di alam semesta ini, itu lah energi.

Matahari selain sebagai penjaga susunan planet di tata surya ini juga merupakan salah satu sumber energi, setidaknya bagi bumi kita ini. Contoh lain adalah aktivitas di bumi kita ini. Untuk melaksanakan segala aktivitas, kita tentunya memerlukan energi. Bahkan banyak sekali iklan di TV yang menawarkan makanan atau minuman yang menyediakan energi instan untuk kita konsumsi dan dinyatakan bisa menunjang segala kegiatan kita. Manusia, bisa kita anggap sebagai sistem, dalam interaksinya dengan manusia lain memerlukan energi. Pas lagi semangat, tentu jumlah energi yang tersedia masih besar akan tetapi apabila sudah melakukan aktivitas dalam jangka waktu tertentu akan terasa lemah. Contoh yang lain lagi adalah lampu, apabila lampu kita berikan sumber tegangan (baterai) 9 volt tentu akan lebih terang daripada kita menggunakan baterai 3 volt, apalagi 1,5 volt.

Nah bisa dilihat kan bahwa segala aktivitas di bumi ini (alam semesta dalam ruang lingkup yang lebih besar) ada sesuatu yang disebut energi yang terlibat di dalamnya.

# Tulisan lama di blog yang lain :)
# 2 Juli 2008

0 comments: