Sabtu, 10 Desember 2011

Spica dan Android 2.3 si Roti Jahe

Samsung Spica, sekarang ini sudah tidak ada lagi di etalase toko resmi Samsung kecuali untuk barang bekas. Pada saat rilis dulu masih menggunakan Android 1.5 (Donut) atau sudah di-upgrade secara resmi ke Android 2.1 (Eclair). Waktu membelinya dulu, OS yang terpasang adalah Android 2.1 Eclair. Setelah hampir setahun lebih dan sudah dirilis versi Android yang lebih baru yaitu versi 2.3 atau disebut Gingerbread, muncul keinginan untuk upgrade OS di Spica yang kupakai. Walaupun sekarang sudah keluar versi terbaru yaitu versi 4.0 (Ice Cream Sandwich), berhubung development versi Android untuk Spica tidak dilakukan oleh Samsung melainkan oleh komunitas-komunitas pengguna, yang tersedia hanyalah sampai Android 2.3 sebuah major rilis daripada versi sebelumnya Android 2.1/2.2.

Bagi pengguna Spica sepertiku, sekarang bisa menggunakan si roti jahe dengan beberapa keterbatasan seperti kamera, grafis 3D, dan beberapa hal lainnya. Untuk instalasi Roti Jahe ke Spica bisa dilihat di forum Samdroid. Pada link tersebut disediakan informasi yang jelas fitur-fitur yang bisa digunakan dan yang masih belum bisa digunakan. Tapi sebelum itu, WAJIB untuk melakukan backup data yang ada baik itu, kontak, sms, dan lainnya yang dianggap penting.

Saat ini sudah beberapa minggu atau bulan mungkin, menggunakan Spica rasa roti jahe. Tapi baru kemarin akhirnya bisa menikmati aplikasi Google Map karena instalasi rom CyanogenMod 7.2 (Android 2.3) tidak mengikutsertakan aplikasi Google langsung. Instalasi aplikasi Google dilakukan sendiri melalui Market yang tersedia. Sedangkan aplikasi map ternyata tidak terlihat di Market, entah kenapa. Akhirnya instalasi dilakukan secara manual. Untuk download apk google map bisa dilihat di link ini. Selain itu juga disarankan untuk menggunakan LauncherPro sebagai pengganti launcher default.

Pandangan Horisontal

Vertical View
Google Map

5 comments:

pribady mengatakan...

Selamat menikmati hasil cyanogenmod
Android jadi lebih baik karena mereka :-)

Unknown mengatakan...

Hehehe... semoga muncul lagi versi yang lebih baru... sehingga spica jadi lebih fully utilized :D

Unknown mengatakan...

beberapa hari kemarin telah dirilis CM7.x Nightly Alpha 7.2 dan OpenFIMG Bug Fix Update 2 sehingga bisa menikmati grafis yang lebih baik. :)

dekaes.com mengatakan...

Pake Spica?

Unknown mengatakan...

#Dekaes, masih pake Spica :D sekarang sudah ada ROM CM 7x Spica 7.7