Kamis, 14 Maret 2013

Belajar Al-Qur'an dengan Zekr

Sekarang ini mempelajari apa pun serasa dimudahkan. Dengan adanya internet, kita bisa dengan mudahnya mengakses informasi yang kita inginkan. Misalnya bagi yang ingin belajar Al-Qur'an bisa dengan mudah mengakses situs-situs yang menyediakan Al-Qur'an secara daring. Itu akan sangat mudah bagi mereka yang dapat dengan mudah daring sekehendak hati. Tapi bagi mereka yang tidak bisa sekehendak hatinya untuk daring tentu akan memberatkan.

Ada salah satu alternatif yang mungkin yaitu dengan menggunakan program Zekr yang bisa dilihat informasinya di www.zekr.org. Program Zekr adalah program open source yang juga gratis dan tersedia untuk multi platform (Windows, Macintosh, dan Linux). Dulu pernah menuliskan artikel tentang instalasi zekr menggunakan sumber instalasi bonus dari majalah INFO LINUX. Tapi kali ini kita bisa melakukan instalasi langsung dari repository yang disediakan oleh masing distribusi Linux atau pun mengambil berkas instalasi langsung dari situsnya.

Bagi para pengguna Ubuntu bisa langsung memasang Zekr dengan mencarinya di Ubuntu Software Center (Pusat Perangkat Lunak Ubuntu, ID). Atau menggunakan perintah di terminal dengan mengetikkan :
sudo apt-get install zekr
Bagi pengguna Linux yang tidak menyediakan paket Zekr atau Windows dan Machintos bisa mengunduh langsung berkas instalasinya (.deb, .rpm, .exe atau .tgz) di situsnya www.zekr.org. Untuk masing-masing paket instalasi mempunyai cara instalasi yang berbeda sesuai dengan paket instalasinya. Bingung cara instalasinya? Itu tidak perlu karena disediakan langsung di sebelah link untuk mengunduh berkas instalasinya. Bila dijalankan nantinya akan tampak seperti berikut.

Setelah instalasi bisa dilakukan penyesuaian, misalkan mengganti terjemahan ke dalam bahasa Indonesia (Kementrian Agama) atau menambahkan tafsir Jalalain dan tafsir Quraish Shihab dkk. Selain terjemah dan tafsir, kita juga bisa mengganti qiro'ah sesuai yang kita sukai, misalnya Qori' As Sudays, Al-Ghamidi, atau Abdulbasith Abdussamad, dll. Paket-paket tambahan tersebut bisa diunduh juga di situsnya Zekr. Setelah diunduh kita bisa menambahkannya dengan klik menu "Tools | Add" seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Setelah ditambahkan, terjemahan atau tafsir bisa ditampilkan melalui menu "View | Translation ". Untuk qiro'ah dipilih melalui menu "Audio | Recitation". Selamat menikmati dan belajar :)

0 comments: