Minggu, 01 April 2012

Mulai Incip Ubuntu 12.04 Precise Pangoline Beta 2

Keinginan untuk memasang Ubuntu 12.04 Precise Pangoline sebenarnya sudah sejak lama ketika laptop 'tero' tidak kompatibel dengan Ubuntu 10.04 karena belum mendukung Sandy Bridge dan harus puas dengan Ubuntu 11.10 Oneiric Ocdlot. Saya lebih suka dengan LTS version karena pada dasarnya agak males kalo sebentar-sebentar harus upgrade. Setelah dirasa perkembangan Ubuntu PP tidak akan banyak berubah, jadi lah incip dengan cara upgrade.

Upgrade dari Ubuntu bisa dilakukan dengan membuka kotak perintah baris dengan cara menekan Alt+F2 dan mengetikkan perintah
update-manager -d
Setelah itu, jendela Update Manager akan muncul dan ada tanda "New distribution release '12.04' is available". Klik 'Upgrade' dan ikuti petunjuk yang disediakan. Gambar di bawah akan menunjukkan progres upgrade.


Setelah proses upgrade selesai dan reboot. Akan segera terlihat tampilan baru halaman login yang berlatar belakang sama dengan wallpaper serta tampilan login yang lebih bagus daripada Oneiric.

Untuk sistemnya bisa dilihat kernel yang diusung Precise beta 2 ini dengan menggunakan perintah :
deka@light:~$ uname -a
Linux light 3.2.0-20-generic #33-Ubuntu SMP Tue Mar 27 16:42:26 UTC 2012 x86_64 x86_64 x86_64 GNU/Linux

deka@light:~$ lsb_release -a
No LSB modules are available.
Distributor ID:    Ubuntu
Description:    Ubuntu precise (development branch)
Release:    12.04
Codename:    precise
Selain itu tampilan Unity Lens yang baru sudah lebih baik. Kita tinggal mengetikkan apa yang ingin dicari dalam kotak pencarian. Pada Oneiric, hasil pencarian hanyalah aplikasi dan berkas yang pernah digunakan atau dibuka saja, tetapi kali ini sudah bisa menjelajah yang belum disentuh sekalipun. Untuk sementara ini Precise kelihatan lebih baik daripada versi sebelumnya, Oneiric.


0 comments: