Senin, 15 Agustus 2011

Install Ubuntu di Thinkpad Edge E120

Seminggu yang lalu kudapatkan laptop Thinkpad E120 pengganti Lenovo G400 yang biasanya kupakai. Thinkpad ini berukuran layar 11.6 inchi dan menggunakan processor terbaru intel, sandy bridge. Dengan menggunakan processor core i3 2357M tentunya lebih menjanjikan mobilitas dan kekuatan komputasi yang lebih baik dari yang lama yang sudah mulai mati-mati sendiri atau terkadang freeze.

Sebagai pengguna Linux, sudah kusiapkan OS yang nantinya mau dipasang di TE120, yaitu Ubuntu 11.04 64bit dengan mengunduhnya di Kambing. Tapi setelah beberapa kali percobaan install masih saja gagal, bahkan booting saja ga bisa. Setelah menu Grub langsung black screen. Cari-cari info di Google dan Ubuntu Forum ternyata Ubuntu 11.04 atau Natty masih ga support processor sandy bridge seperti yang disebutkan di sini.

Nah, ketika coba untuk boot menggunakan Ubuntu 10.04.2 Lucid 32bit, eh ternyata bisa dan lancar. Karena processornya 64bit maka “eman” jika hanya pake OS yang 32bit. Unduh dulu yang 64bit baru dilanjutkan dengan instalasi. Setelah instalasi selesai dan booting pun terasa normal. Selain itu ternyata tidak ada peringatan propietary driver. Namun tampilan grafis hanya “no effect”. Setelah coba-coba fitur seperti efek grafis normal atau yang ekstrem pun juga tidak bisa. Kukira kernel linux saat ini masih belum support sandy bridge secara keseluruhan. Tapi alhamdulillah, lumayan lah sudah bisa running linux di TERO. Sambil nunggu kernel 3.0, Lucid masih bisa diandalkan Smile

0 comments: